0

MEDAN | TV Online RI -  PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) menerima kunjungan PT Angkasa Pura I (Persero) untuk melakukan studi banding atau benchmark terkait bagaimana melakukan Sinergi BUMN dalam proyek strategis.

Benchmark ini dipimpin oleh Direktur Teknik PT Angkasa Pura I, Polana B. Pramesti beserta jajaran tim manajemen dan anak perusahaan Angkasa Pura I, dan disambut langsung oleh Direktur Perencanaan dan Pengembangan Pelindo 1, Iman A Sulaiman, di ruang Selat Malaka, Kantor Pusat Pelindo 1 pada Rabu, 12 Oktober 2016.

Pelindo 1 menyambut baik kedatangan Angkasa Pura I. “Pelindo 1 terbuka untuk berbagi ilmu kepada perusahaan manapun yang ingin mengetahui lebih luas tentang program perusahaan, khususnya tentang bagaimana membangun sinergi BUMN dalam proyek strategis. Saat ini sangat di perlukan Sinergi BUMN untuk mengembangkan dan mempercepat program-program startegis nasional,” ujar Iman A Sulaiman dalam sambutannya.

Sementara itu, Polana Pramesti mengungkapkan, Pelindo 1 dijadikan sebagai pilihan benchmark karena Pelindo 1 saat ini sedang mengerjakan sebuah proyek strategis nasional, yang dilakukan melalui sinergi BUMN. “Banyak pengembangan dan pembangunan yang akan dilakukan oleh Angkasa Pura I, untuk itu kami ingin belajar bagaimana proses yang dilakukan oleh Pelindo 1 untuk membangun sinergi dengan BUMN lain dalam mengerjakan proyek-proyek strategis,” jelas Polana.

Dalam kesempatan tersebut Pelindo 1 berbagi pengalamannya terkait dengan bagaimana membangun Sinergi BUMN dalam proyek strategis nasional. Seperti diketahui, ada beberapa proyek strategis nasional yang sedang dikerjakan oleh Pelindo 1 melalui sinergi BUMN, seperti pembangunan Terminal Multi

Purpose Pelabuhan Kuala Tanjung, yang dilakukan bersama dengan PT PP dan Waskita dengan membentuk sebuah anak perusahaan bernama PT Prima Multi Terminal. Sinergi BUMN ini merupakan langkah strategis untuk mengoptimalkan pemanfaatan potensi bisnis masing-masing BUMN dengan prinsip saling menguntungkan sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

“Diharapkan melalui sinergi BUMN ini dapat meningkatkan manajemen setiap perusahaan untuk mendukung perekonomian dan kesejahteraan rakyat,” jelas Iman. Pelaksana Harian ACS Humas Pelindo 1, Rafika Aulia mengatakan setelah melakukan sharing knowledge dan diskusi tentang Sinergi BUMN, tim dari Angkasa Pura I juga berkesempatan mengunjungi Terminal Penumpang Bandar Deli di Pelabuhan Belawan, untuk berdiskusi tentang bagaimana peningkatan pelayanan bagi penumpang.(zul/Mdn).

Post a comment

 
Top