0
MEDAN | TV Online RI - PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 menggelar Official Kick Off Meeting Pelindo 1 Runs SAP, sebagai tanda dimulainya pengerjaan dan pengimplementasian sistem ERP (Enterprise Resource Planning) di Pelindo 1, pada hari Senin, 14 November 2016.

“ERP merupakan suatu sistem informasi yang diperuntukkan bagi perusahan manufaktur maupun jasa yang berperan untuk mengintegrasikan dan mengotomasikan proses bisnis yang berhubungan dengan aspek operasi, produksi maupun distribusi di perusahaan,” jelas Sarmidi, Kepala PMO Implementasi ERP Pelindo 1.

Secara fisik, ERP akan direalisasikan dalam bentuk software, dimana sistem ERP yang akan diimplementasikan adalah SAP. Tetapi pada hakikatnya ERP adalah proses bisnis terotomatisasi dan terintegrasi. “Jadi ERP bukan semata-mata software, tetapi sebuah pelaksanaan proses bisnis yang best practice, otomatis, dan terintegrasi,” ujar Sarmidi.


Kelebihan yang didapatkan dalam penggunaan ERP yaitu adanya integrasi data pelaporan keuangan internal dan eksternal, control proses dan transaksi end-to-end antar kantor pusat, cabang dan unit usaha, proses bisnis yang standar dan terotomatisasi untuk efisiensi, dan adanya visibilitas dan akurasi data dalam laporan manajemen untuk pengambilan keputusan.

“Pengimplementasian ERP yang juga diikuti dengan pembentukan SSU (Shared Services Unit) di Pelindo 1 merupakan suatu keharusan, karena hal ini merupakan Transformasi Proses Bisnis untuk mewujudkan visi Pelindo 1 menjadi Nomor 1 di bisnis kepelabuhanan di Indonesia,” ujar Bambang Eka Cahyana, Direktur Utama Pelindo 1 saat meresmikan Kick Off Meeting Pelindo 1 Runs SAP.

Bambang mengajak seluruh manajemen dan karyawan Pelindo 1 berkomitmen untuk merealisasikan dan mendukung penuh pengimplementasian ERP ini. “Kita menargetkan pengimplementasian ERP di Pelindo 1 akan Go Live  mulai tanggal 17 Agustus 2017 sesuai roadmap yang telah disepakati,” ujar Bambang Eka Cahyana.

Pelaksana Harian ACS Humas Pelindo 1, Ade Maydwianda mengatakan bahwa untuk mengawal pengimplementasian ERP ini, Pelindo 1 telah membentuk Project Management Officer (PMO) Implementasi ERP. “PMO ERP ini akan bertugas untuk menjamin pengimplementasian ERP ini dapat berjalan sesuai dengan roadmap yang telah ditentukan,” tegas Ade.

Kick Off Meeting Pelindo 1 Runs SAP ini juga turut dihadiri oleh Komisaris Utama Pelindo 1, Prof. Nawawiy Loebis, seluruh Anggota Direksi Pelindo 1, Para pejabat struktural Kantor Pusat, Para General Manager Cabang Pelabuhan, Unit Usaha dan Anak Perusahaan Pelindo 1. (Red/Mdn).

Posting Komentar

 
Top