0
"Guna Kenyamanan dan Ketertiban, Perlu adanya tim yang bekerja ekstra untuk Masyarakat , yang dapat bekerja dan siap untuk tidak pulang kerumah dan tidur dijalanan untuk menghajar para pelaku kejahatan"

Medan | Potret RI -  Keamanan menjadi Prioritas dalam kelangsungan kehidupan bermasyarakat, untuk mengatasi aksi kejahatan dan mencegah kejahatan jalanan yang meresahkan ini, Polrestabes Medan membentuk tim Khusus dinamakan Pegasus (Penanganan Gangguan Khusus).

Tim yang dibentuk kurang lebih 150 personil terdiri dari beberapa unit Polsek yang tergabung dalam tim Pegasus diluar dari tim Pegasus yang sehari hari menangani masalah kejahatan di wilayah Hukum Polrestabes Medan.

Tugas dan fungsi tim Pegasus yang akan bertugas melakukan hunting dan berpatroli di daerah daerah rawan kejahatan, diantara kejahatan yang masih marak di wilayah hukum Polrestabes Medan diantaranya C3 ( Curat, Curas, dan Curanmor). Tidak tertutup kemungkinan, kejahatan selain C3 ini akan dilakukan tindakan keras dari personil Pegasus.


31/5, Rabu, Kapolrestabes Medan Kombes.Pol. Dadang Hartanto didampingi Wakapolrestabes AKBP Bagus Supratomo Oktobriantoro, melalui Kasat Reskrim Putu Yudha Prawira mengumpulkan tim yang telah ditunjuk menjadi tim Pegasus di pelataran Mako Polrestabes Medan, untuk mendapatkan amanat dan arahan tugas dan fungsi tim Pegasus pada masyarakat di Kota Medan.

Kapolrestabes saat memimpin Pasukan tim Pegasus memberikan arahan agar tim dapat melakukan tugas dengan baik dan menjadikan masyarakat kota medan merasakan aman dan nyaman, "dilihat dari analisa, kesadaran masyarakat terhadap keamananya sendiri masih kurang, walaupun masyarakat itu telah melakukan pencegahan baik dengan caranya sendiri sendiri, namun itu masih belum cukup," ungkap dadang pada saat memimpin Pasukan.

Walaupun sudah adanya Patroli dan Anti Preman yang sebelumnya sudah di rancang, kejahatan C3 ini masih ada dan diprediksi bisa meningkat, untuk pencegahan dan penanganan kejahatan dan kriminalitas diperlukannya tim selain tim yang sudah dibentuk,"hari ini kita bentuk tim Penangguhan Gangguan Khusus (Pegasus), khusus dibutuhkan karena kejahatan C3 diprediksi akan meningkat, jadi kita mengantisipasi agar tidak meresahkan masyarakat, dengan menghadirkan kekuatan Polri dimana mana, baik berseragam maupun tidak," terang Dadang kembali.
Sementara itu Kapolrestabes meminta kepada tim yang dibentuk untuk melaksanakan tugas sesuai dengan prosedur dengan dilengkapi peralatan dan kelengkapan polri lainnya,"rekan rekan, kita harapkan melaksanakan tugas dengan sungguh sungguh karena kita dibutuhkan masyarakat untuk menciptakan keamanan dan ketertiban, dan jangan pernah ragu ragu".

Keadaan Kota Medan yang sebelumnya sudah dalam keadaan kondusif, namun bila keadaan kedepannya bila terjadi sesuai prediksi, Kepolisian harus siap mencegahnya, Kapolresta menekankan kepada tim yang telah dibentuk ,"rekan rekan harus lebih ekstra, jangan kembali kerumah, kalau perlu tidur dijalan untuk membersihkan pelaku pelaku kejahatan".

"Hajar pelaku kejahatan", menjadi kata kunci untuk mengamankan kota medan untuk masyarakat khususnya, "hajar pelaku yang kurang ajar terhadap masyarakat sesuai dengan prosedur hukum yang telah kita miliki dan telah ditetapkan, semuanya itu untuk keamanan warga dan masyarakat kota medan khususnya, jangan ragu ragu dalam pelaksanaan tugas," terangnya Dadang kepada tim Pegasus.

Target utama dalam tim pegasus adalah kejahatan C3, selain itu bila ada dalam pelaksanaan tugas ditemui kejahatan selain C3, akan dilakukan tindakan sesuai dengan prosedur.

Tim dibentuk untuk saat ini menjaga keamanan menjelang lebaran dan setelah lebaran, yang kemudian akan ditingkatkan kembali apabila dirasa perlu untuk tetap eksis, bila dalam kajian dan analisa diperlukan guna keamanan dan kenyamanan ditengah tengah masyarakat.

Secara terpisah Kasatreskrim AKBP Putu Yudha Prawira menyampaikan dalam penanganan dan sistim operasi yang dijalankan menggunakan sistem hunting, patroli di daerah daerah rawan kejahatan, melakukan pemeriksaan terhadap orang orang yang dicurigai.

"Operasi Pegasus", sambung Kasat akan dilakukan rutin setiap hari dengan waktu yang berubah ubah, hal ini untuk mengantisipasi pergerakan agar tidak mudah terbaca oleh pelaku kejahatan C3.

"Oleh sebab itu, untuk para pelaku kejahatan jangan coba coba beraksi di wilayah hukum kota medan, karena akan berhadapan dengan Tim Pegasus", terang Kasatreskrim AKBP Putu Yudha Prawira. (Red.Su)


Posting Komentar

 
Top