0
"Adanya Perubahan prasikap Masyarakat Sumatera Utara untuk berubah menjadi yang lebih baik dari sebelumnya, dengan keyakinan dan kebersamaan terwujudnya Keberhasilan Propinsi Sumatera Utara yang menaruh harapan besar kepada pasangan Eramas" 

Medan | Potret RI - Calon Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Raje-kshah, berharap geliat Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Sumatera Utara dapat terus berkembang. Hal tersebut dikatakannya usai berkunjung ke Pajak USU (Pajus) bersama Agus Harimurti Yudhoyono, di Jalan Jamin Ginting, Medan, Selasa (5/6).

Menurut pria yang akrab disapa Ijeck itu, kunci bertahannya UMKM adalah tentang pembiayaan atau modal. Selain itu, yang tak kalah penting adalah penda-mpingan dan pembinaan dari pemerintah. “Karena selama ini, pegiat UMKM hanya dari swasta saja. Untuk itu, peran serta pemerintah dirasa perlu dalam mendukung keberla-ngsungan usaha masyarakat,” ujar Ijeck.

Ia menyebutkan, jika nanti dipercaya mengemban amanah sebagai pemimpin Sumut, dirinya bersama Cagubsu Edy Rahmayadi akan memberikan perhatian bagi pelaku usaha UMKM.
Selain permodalan dan pembekalan, ia juga mengungkapkan permasalahan yang masih dialami oleh pelaku UMKM adalah lapak jualan yang layak. Karena saat ini para pedagang banyak yang berjualan di tempat yang tidak resmi, dan akhirnya selalu tergusur.

“Maka itu lah nanti yang harus kita pikirkan, agar usaha dari para penggiat UMKM bisa bertahan dan terus berkembang,” ucapnya. Ia menyebutkan, kehad-iran Pajus sangat membantu para mahasiswa, maupun masyarakat biasa. Karena harga-harga yang dijual di sana relatif terjangkau.

“Ini yang perlu dijadikan contoh untuk daerah lain, terutama daerah yang dekat dengan tempat pendidikan. Karena pasti mereka butuh tempat belanja kebutuhan kuliah yang dekat dengan kampus dan harganya yang terjangkau,” pungkasnya.

Ada sejumlah faktor yang mendorong terjadinya digitalisasi UKM ini. ''Yang utama adalah penetrasi industri komputer di Indonesia yang makin marak. Bayangkan saja, sedikitnya 3 juta komputer telah terjual dalam setahun terakhir,'' ungkap Ijack.

Faktor lainnya, perkembangan jaringan internet di Indonesia juga makin luas. ''Banyak yang kini bersosiali-sasi dengan situs jaringan sosial seperti Facebook dan Twitter,'' kata Ijack. Selain itu, Ijack melihat, kini para pengusaha UKM umumnya adalah generasi muda yang sedikit banyak sudah melek teknologi.

''Mereka kemudian menggunakan teknologi informasi sebagai bagian bisnis mereka,'' Ijack mengu-ngkapkan. Sementara itu Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) , putra sulung Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono, berkunjung ke Sumatera Utara, Senin (4/6/2018). Setiba di Bandara Internasional Kualanamu, AHY disambut calon Wakil Guber-nur Sumut nomor urut 1 yang didukung Partai Demokrat, Musa Rajekshah (Ijeck). 

Keduanya didampingi istri masing-masing, Annisa Pohan Agus Hatimurti dan Sri Ayu Mihari Musa Rajek-shah. Tampak beberapa kader Demokrat Sumut, di ntaranya Plt Ketua Demokrat Sumut Herry Zulkarnain.

Rombongan AHY dan Ijeck langsung menuju Wings Hotel, tak jauh dari Bandara Kualanamu. Di sana, AHY, yang juga Ketua Komandan Satuan Tugas Bersama (Kogasma) Pilkada 2018 dan Pilpres 2019 Partai Demokrat, bertatap muka dan menyerap aspirasi warga Deli Serdang serta tokoh adat dan agama.

Setelah dari sana, AHY dan Ijeck bersilaturahmi ke pimpinan Ponpes Al-Kautsar Ayech Ali Akbar Marbun di Jalan Pelajar, Medan. Seusai Zuhur, safari AHY di Sumatera Utara berlanjut ke Istana Maimun, Medan. Sesampai di bangun-an bersejarah itu, AHY dan Ijeck disambut adat Kesulta-nan Melayu Deli.

Di sela kegiatan, kepada wartawan Ijeck yakin kedata-ngan AHY ke Sumatera Utara dapat memberikan dampak yang baik bagi Eramas. Ijeck pun semakin yakin elektabilitas pasangan Eramas akan meningkat dengan hadirnya AHY.

"Yang pasti, dengan hadirnya Mas AHY, ini menjadi semangat baru dan akan memberikan dampak yang positif bagi kami pasangan Eramas," ujar Ijeck seperti dikutip dalam keter-angan tertulis.  "Artinya, menambah keyakinan juga, karena kita tahu Demokrat memiliki basis massa yang besar di Sumatera Utara, maka kita yakin elektabilitas Eramas secara tidak langsung akan bertambah," ucapnya. 

AHY mengaku kedatan-gannya kali ini adalah untuk bersilaturahmi dengan masyarakat yang ada di Sumatera Utara. (Red.Su)

Post a comment

 
Top