0
POTRETRI007.COM - Tiada hari tanpa genangan air (Banjir), begitu kiranya pandangan terlihat di kawasan Belawan  sekitarnya.Selasa (04/09/2018).

Kalau tidak genangan air hujan, pasti genangan air pasang laut (Rob).

Kondisi ini tak terlepas akibat sistem drainase yang sudah banyak tertutup karena maraknya aksi penimbunan lahan serta pembangunan gedung maupun gudang-gudang.

M.Padli selaku tokoh pemuda peduli lingkungan dan pendidikan menilai sudah selayaknya Pemko Medan membenahi sistem drainase yang dulunya ada guna memperlancar aliran air ke laut kini justru tersumbat maupun ditutup paksa karena adanya pembangunan di Belawan.

Seperti contoh kata Bung Padli, saluran drainase yang besar yang dibangun sejak zaman Belanda di sekitar gudang merah sudah selayaknya dibersihkan jangan justru ditutup.

Begitu juga saluran drainase atau parit besar yang ada didekat sekolah Yayasan Hangtuah Belawan kini sudah ditutup hinggakini mengakibatkan genangan air tak berjalan.

"Lihat saja saat ini genangan air masih bertahan di jalan raya Pelabuhan II Belawan persisnya didepan Bank Mandiri dan dekat bangunan gedung kembar milik Pelindo 1,"cetus Padli yang juga Caleg DPRD Kota Medan Dapil 2 dari Partai Gerindra.

Politisi muda peduli lingkungan ini berharap pada Pemko Medan serta pihak BUMN maupun BUMD yang ada di Belawan untuk saling membantu mencari solusi agar kota Belawan yang dijuluki dengan kota Pelabuhan ini tak kumuh dan tak menjadi langganan banjir rob.

"Kalau bisa Pemko memiliki strategi jitu dalam mengatasi banjir rob yang setiap waktu menimbulkan keresahan bagi warga Belawan, apakah segera membangun tanggul keliling secara permanen maupun menciptakan tehnologi guna mengatasi banjir rob diantaranya seperti mengubah air asin.menjadi air tawar yang dapat bermanfaat bagi masyarakat ataupun mengubah air asin menjadi garam sehingga kedepan banjir rob tak lagi menjadi momok menakutkan melainkan menjadi sumber mata pencarian bagi warga korban banjir rob,"ungkap Padli yang juga dikenal selaku tokoh peduli pendidikan ini saat dimintai tanggapannya terkait kerap banjirnya kota Belawan tersebut.(leo).

Post a comment

 
Top