0

 POTRETRI007.COM-S.A.S Salah seorang kuli tinta notabene Wartawan Bhayangkara Indonesia (BHARINDO) Melalui Forum Peduli Ummat (FPU-LBA) meminta bantuan dan perlindungan hukum kepada Komisi Nasional Hak Azasi Manusia (KOMNAS HAM) dikarenakan Nasibnya di RUTAN Dumai sebagai Tahanan sementara ini merasa tidak jelas STATUS nya sebab Oknum Wartawan BHARINDO itu sejak di tahan mulai dari TAHANAN SEL POLRES Dumai hingga sekarang Beliau DITAHAN TANPA DIBERIKAN SURAT PERINTAH PENAHANAN, SURAT PERPANJANGAN PENAHANAN & PENETAPAN PENAHANAN Sesuai UU KUHAP Pasal.(21).
KRONOLOGIS SAAT PEMERIKSAAN,PENYIDIKAN DAN PERSIDANGAN: A.SAYA DIPERIKSA PADA TGL.27-1-2018, LEBIH KURANG 6 JAM-MULAI JAM: 20.00 S/D 02.30, SAYA MINTA DIDAMPINGI PENGACARA, NAMUN PENYIDIK MENGATAKAN HARUS DIPERIKSA SAAT ITU JUGA, NANTI AKAN ADA PEMERIKSAAN LANJUTAN BILA ADA PENGACARA. SAAT DIPERIKSA SAYA DIPERLAKUKAN KASAR (SAYA DIPUKULI DAN DITAMPARI OLEH OKNUM POLRI TERAKHIR SAYA KETAHUI BERNAMA BRIPKA EZI) SAAT OKNUM POLRI MEMUKUL DAN MENAMPAR SAYA ADA 2 OKNUM POLRI YANG MENYAKSIKAN SEORANG MEMERIKSA SAYA DAN MENGETIK BAP, SEORANG LAGI BERADA DIBELAKANG SY (NAMA MEREKA SY TDK TAHU TAPI WAJAH SY KENALI)

B.SAAT DITAHAN DI POLRES DUMAI SEJAK 27 JAN 2018 MALAM S/D 27 MARET 2018 PAGI (2 BULAN) S.A.S DAN KELUARGANYA TIDAK ADA DIBERIKAN SURAT PERINTAH PENAHANAN DARI POLRES DUMAI. (C).TGL.27 MARET 2018 SIANG HARINYA S.A.S  DIKIRIM DAN DILIMPAHKAN KE RUTAN MELALUI KEJARI DUMAI, SAAT DITAHAN HINGGA S.A.S DISIDANGKAN OLEH PENGADILAN NEGERI DUMAI MULAI 2 MEI 2018 S/D 3 JULI 2018, S.A.S TIDAK ADA DIBERIKAN SURAT PERPANJANGAN PENAHANAN DARI KEJARI DUMAI DAN JUGA TIDAK ADA DIBERIKAN SURAT PENETAPAN PENAHANAN DARI HAKIM & KETUA PENGADILAN NEGERI DUMAI. (D).TGL.17 JULI 2018 S.A.S BANDING KE PENGADILAN TINGGI PEKAN BARU

HINGGA DIPUTUSKAN PERKARANYA TGL.28 AGUSTUS 2018 YANG TEMBUSAN PEMBERITAHUAN PUTUSANNY DITERIMA TGL.5-9-2018, S.A.S DAN KELUARGANYA JUGA TIDAK ADA DIBERIKAN SURAT PENETAPAN PENAHANAN DARI HAKIM DAN KETUA PENGADILAN TINGGI PEKAN BARU. (E).TGL.12 SEPTEMBER 2018 S.A.S MENGAJUKAN KASASI, DAN SAMPAI SAAT INI S.A.S & KELUARGANYA JUGA TIDAK ADA DIBERIKAN SURAT PENETAPAN PENAHANAN DARI HAKIM DAN KETUA MAHKAMAH AGUNG R.I DAN HINGGA KINI S.A.S BELUM ADA MENERIMA SURAT PUTUSAN DARI MAHKAMAH AGUNG R.I (MASA KASASI TELAH LEBIH 110 HARI). DEMIKIAN KRONOLOGIS STATUS PENAHANAN S.A.S YANG DISAMPAIKANNYA KE KOMNAS HAM R.I

KUHAP (KITAB UNDANG2 HUKUM ACARA PIDANA) -PASAL.21- AYAT (1): PERINTAH PENAHANAN ATAU PENAHANAN LANJUTAN TERHADAP SEORANG TERSANGKA ATAU TERDAKWA YANG "DIDUGA" KERAS MELAKUKAN TINDAK PIDANA DST. (2).PENAHANAN ATAU PENAHANAN LANJUTAN DILAKUKAN OLEH PENYIDIK ATAU PENUNTUT UMUM TERHADAP TERSANGKA ATAU TERDAKWA DENGAN "MEMBERIKANSURAT PERINTAH PENAHANAN ATAU PENETAPAN HAKIM "YG MENCANTUMKAN IDENTITAS TERSANGKA ATAU TERDAKWA DAN MENYEBUTKAN ALASAN PENAHANAN. (3).TEMBUSAN SURAT PERINTAH PENAHANAN ATAU PENAHANAN LANJUTAN ATAU PENETAPAN HAKIM SEBAGAIMANA DIMAKSUD DLM AYAT(2) "HARUS DIBERIKAN KEPADA KELUARGANYA.  ().


Posting Komentar

 
Top