0
POTRETRI007.COM- Kondisi tercemarnya danau siombak dari sampah akhirnya dibersihkan pihak Dinas Kebersihan Pemko Medan bekerjasama dengan pihak koramil 10/ML bersama masyarakat dalam rangkat Jumat bersih.Jumat (08/02/2019).

Sesuai amatan, kegiatan pembersihan danau siombak dilakukan secara bergotongroyong.

Sampah yang terkumpul dari danau siombak selanjutnya diangkut ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) jalan Paluh Nibung Kelurahan Paya Pasir Kecamatan Medan Marelan.

Menurut Pahala Rajaguguk Kasi TPS dan TPA Dinas Kebersihan dan pertamanan Kota Medan menyangkal kalau sampah-sampah yang mencemari danau siombak selama ini berasal dari sampah yang ada di TPA.

"Sampah itu bukan berasal dari TPA kemungkinan besar dari aliran Sungai Bedera yang menganak sungai ke danau Siombak,"Bantah Pahala Rajaguguk saat ada tudingan dari anggota dewan M.Nasir dari PKS yang menyebutkan sampah dari TPA cemari danau Siombak.

Lebih lanjut Pahala menjelaskan, secara fakta dilapangan bahwa jarak lokasi TPA dengan lokasi Danau Siombak terbilang jauh sekitar 1 Km.

Bahkan anak paluh sungai yang mengalir tampak bersih serta terlebih dahulu melintasi kawasan pertambakan ikan dan udang milik warga, jadi kalau sampah dari TPA mungkin para petambak terlebih dahulu yang komplain/protes namun hingga kini para petambak tak ada yang komplain karena aliran anak paluh sungai dari TPA tidak ada sampahnya.

Kita menduga sampah-sampah yang ada di Danau Siombak tersebut berasal dari aliran anak sungai Bedera yang saat ini aliran sungai Bedera sangat memprihatinkan.

Saat ini sampah di danau siombak sudah dibersihkan dan rencananya akan dipasangi jaring penyekat sampah di setiap anak sungai yang mengalir ke Danau Siombak guna mencegah masuknya aliran sampah dari Sei Bedera.Jelas Pahala saat ditemui. (Leo/Hs).

Post a comment

 
Top