0
POTRETRI007.COM - Jelang  pagelaran seni budaya jawa pada 3 Maret 2019 mendatang.Para pengurus Pujakesuma Sumut beraudensi silaturahmi pada Kapolres Pelabuhan Belawan AKBP.Ikhwan SH.MH.Rabu siang (13/02/2019).

Kegiatan audensi berlangsung penuh keakraban tersebut berlangsung di aula Wira Satya Polres Pelabuhan Belawan.
M.Ridwan.S. selaku ketua kesenian budaya jawa satrio piningit Pujakesuma Sumut didampingi sekjennya Dedi Sumarno menjelaskan, acara pagelaran seni budaya Jawa nantinya juga akan dirangkaikan acara pengukuhan pengurus Pujakesuma 16 Kab/kota  se Sumut pada 3 Maret 2019 mendatang di Lapangan pasar 5 Marelan.

Tujuan diadakan kegiatan pegelaran seni budaya jawa ini untuk membangkitkan serta melestarikan kembali seni budaya jawa khususnya bagi generasi muda yang saat ini kurang digalakkan dan akan datang lebih dikembangkan mengingat seni budaya jawa merupakan warisan budaya nenek moyang bangsa Indonesia.

Dedi Sumarno menambahkan, apalagi pelaku seniman jawa di Medan ini banyak sekali diantaranya ada Ki dalang suprapto, dwi setiawan dan agung setyawan, trimo sutrisno dan ki dalang lainnya yang ada di kab/kota.

"Makanya saya merasa terpanggil dan semangat  untuk melestarikan seni budaya jawa agar seni kebangaan bangsa Indonesia ini tak hilang dimakan zaman serta tak diklaim bangsa lain,"cetus M.Ridwan.

Pada kesempatan itu Kapolres Pelabuhan Belawan AKBP.Ikhwan SH.MH didampingi Waka Polres Kompol Taryono SH.SIK memgatakan sangat mendukung akan diadakannya pageran seni budaya jawa nantinya guna mempererat tali silaturahmi dan persatuan dalam rangka melestarikan seni budaya bangsa Indonesia.

Kita berharap nantinya acara ini dapat berlangsung lancar, aman dan tertib.Ujar Kapolres.

Dedi Sumarno menambahkan, Pagelaran seni budaya jawa nantinya akan menampilkan  kesenia Ludruk, wayangkulit, reok, campursari, dan jaran kepang dan diperkirakan dihadiri oleh ribuan massa di lapangan pasar 5 Marelan. (Hs/gs).

Post a comment

 
Top