0
POTRETRI007.COM - Kodam I/BB memberi penasaran dan pembentukan kader Bela Negara kepada 300 Pelajar SMA Dan SMK yang berada di Wilayah Provinsi Sumatera Utara. Senin (29/4/2019).

Pemusatan penataran yang dilakukan Rindam I/Bukit Barisan, Pematang Siantar, dibuka langsung oleh Pangdam I/Bukit Barisan, Mayjen TNI MS Fadhillah yang diwakili Danrindam I/Bukit Barisan, Kolonel Inf.Zainuddin.

Dalam amatan tertulis Pangdam I/BB disebut, Rindam I/BB adalah lembaga pendidikan sebagai tempat mendidik,membentuk dan menempa prajurit-prajurit yang andal. Karenanya, setiap orang yang masuk ke Rindam I/BB harus sudah siap secara mental dan fisik untuk mengikuti pendidikan.

"Demikian juga dengan peserta penataran sekalian. Saya yakin dan percaya bahwa para peserta telah mempersiapkan diri dengan baik, sehingga siap untuk mengikuti penataran ini dengan baik dan penuh rasa tanggung jawab", Ucap Pangdam I/BB.

Sesuai bunyi UUD 1945 Pasal 27 Ayat 3 dan Pasal 30 Ayat 1, bahwa setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertanahan dan keamanan negara.

Berdasarkan hal itu, maka Kodam I/Bukit Barisan bekerja sama dengan Pemprov Sumut Cq Dinas Pendidikan dan beberapa sekolah di Sumut menyelenggarakan penasaran kader bela negara kepada 300 pelajar SMA dan SMK.

"Tujuan penasaran kader bela negara ini adalah untuk membina dan membentuk generasi muda Bangsa Indonesia yang berkepribadian, berakhlak mulia, berdisiplin,terampil dan cerdas", Jelas Pangdam I/BB.

Disamping itu, penasaran ini juga untuk mewujudkan generasi muda yang mempunyai sikap mental dan berkarakter, memiliki rasa cinta tanah air dan mempererat ke-Bhinneka Tunggal Ika-an serta memiliki kesadaran bela negara.

Diuraikan Pangdam I/BB, penataran kader bela negara merupakan upaya dalam rangka memperkuat jati diri sebagai anak bangsa, ditengahnya deras arus informasi yang begitu cepat dan tanpa filter masuk ke Indonesia. Generasi Muda harus bisa berbuat lebih banyak dan lebih bersemangat untuk kemajuan bangsa, sehingga identitas diri sebagai generasi muda bisa menjadi solusi dalam menyelesaikan permasalahan bangsa.

"Saya berharap pentaran kader bela negara ini dapat dijadikan sebagai pembangkit semangat, sekaligus membangun kesadaran para pelajar agar memiliki rasa cinta tanah air serta kesadaran berbangsa dan bernegara, setia kepada Pancasila dan UUD 1945, rela berkorban bagi bangsa dan negara, serta memiliki kemampuan awal bela negara baik secara fisik maupun non fisik", papar Pangdam I/BB.

Penataran ini juga diharapkan dapat meningkatkan kesadaran para siswa tentang pentingnya disiplin,kesehatan jasmani dan rohani serta terhindar dari pengaruh lingkungan saat ini, terutama pengaruh bahaya narkoba, HIV,AIDS serta bahaya paham radikalisme dan komunisme yang dapat merusak masa depan bangsa dan negara.

Hal ini selaras dengan tema pendaftaran kali ini,yaitu"Melalui Penataran Bela Negara Dikalangan Pelajar, TNI-AD siap membentuk Generasi Muda Bangsa yang Berjiwa Kesatria, Berkarakter, Berwawasan Kebangsaan dan Cinta Tanah Air serta Mempererat Ke-Bhinneka Tunggal Ika-an Guna Menjaga Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia".

Diakhir amatan Pangdam I/BB yang dibacakan Danrimdam I/BB dipesankan kepada pembina dan pelatih untuk melaksanakan proses belajar mengajar dan pengasuhan dengan baik, penuh kekeluargaan dan kebersamaan, sehingga peserta penasaran dapat menerima materi dengan baik dan optimal sesuai dengan tujuandan sasaran kegiatan penasaran ini.

Turut hadir upacara ini, di antaranya Danrem 022/Pantai Timur, Aster Kasdam I/BB, Dandim 0207/Simalungun, Kapolres Simalungun, dan Kapolresta Pemantang Siantar serta Danyonif 122/Tombak Sakti.

Kemudian hadir juga Kadisdik Provsu, Walikota Medan, Tebing Tinggi, dan Pematang Siantar.(Rikcy).

Posting Komentar

 
Top