0
POTRETRI007.COM - Arus mudik Lebaran penumpang kapal laut yang turun di Terminal Bandar Deli Pelabuhan Belawan sudah mulai meningkat.

Kapal penumpang KM Kelud yang belayar dari pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, via Tanjung Balai Karimun - Batam, menurunkan 3.071 penumpang di Belawan.
"Jumlah penumpang yang turun 3.071 orang, jumlah tersebut masih dalam standar internasional dengan dispensasi 49% dari kapasitas seat KM Kelud berjumlah 2.080 orang," ujar Syahbandar Utama Belawan, Sugeng Widodo, saat menyambut kedatangan penumpang mudik di Terminal Bandar Deli Pelabuhan Belawan, Selasa (28/5/2019).

Kepala Kantor Kesyahbandar Utama Belawan Sugeng Wibowo menyebutkan, untuk memberikan kenyamanan bagi penumpang kapal laut, Syahbandar di seluruh Indonesia telah melakukan pemeriksaan uji layak kapal yang berlayar. Setelah diyakini kapal tersebut laik laut, maka kapal tersebut diizinkan berlayar.

Pantauan dari awak media di Terminal Bandar Deli Pelabuhan Belawan, KM Kelud yang dioperasikan PT Pelni, tiba di dermaga sekitar pukul 12.30 WIB. Molor tiga jam 30 menit dari jadwal tiba yang direncanakan, pada pukul 09.00 WIB.

Tertundanya KM Kelud tiba di Terminal Bandar Deli Pelabuhan Belawan karena faktor cuaca. "Semestinya KM Kelud yang berlayar dari Tanjung Priok, Jakarta via Tanjung Balai Karimun - Batam, tiba di Belawan, Senin pada pukul 09.00 WIB, karena faktor cuaca, sering turun hujan dan ombak, kapal yang membawa penumpang tiba di Terminal Bandar Deli pukul 12.30 WIB," kata Kacab Pelni Medan, Kata Mutfi Israr.

Mutfi menyebutkan, arus mudik Lebaran tahun ini mengalami peningkatan 5 hingga 10% dari tahun sebelumnya. "Kenaikan jumlah penumpang mudik melalui kapal laut yang turun di Pelabuhan Belawan jumlahnya berangsur, saat ini adalah awal mudik penumpang yang turun dengan jumlah 3.071," sebut Mutfi. Diperkirakan KM Kelud bertolak kembali dari Pelabuhan Belawan dengan tujuan Batam pada pukul 15.00 WIB.(Rikcy/Hs)

Posting Komentar

 
Top