0

Dharmasraya | Potret RI - Panggilan "Uda" atau "Uni" bersifat lebih universal di Sumatera Barat karena juga biasa diucapkan kepada orang yang lebih tua baik di kenal maupun tidak dikenal, ataupun hanya sebagai bentuk penghormatan oleh sang penyapa.

Selain panggilan Uda dan Uni yang berlaku luas, di Sumatra Barat juga terdapat beberapa kata sapaan hormat atau sopan yang bersifat lebih lokal kepada kakak lelaki atau perempuan, misalnya panggilan "Uwan" untuk lelaki dan "Akak" untuk perempuan banyak digunakan di kota Padang Panjang dan sekitarnya. Sedangkan didaerah Pariaman dan sekitarnya digunakan panggilan "Cik Ajo" untuk lelaki dan "Cik Uniang" untuk perempuan.

Dalam percakapan sehari-hari bahasa Minang, Uda sering disingkat menjadi "Da" dan Uni menjadi "Ni". "Uda Uni Sumbar" atau "Uda Uni Duta Wisata Sumbar" juga digunakan untuk menyebut remaja pria dan wanita yang menjadi pemenang pemilihan Remaja Duta Wisata Indonesia yang diadakan oleh Dinas Pariwisata provinsi Sumatra Barat setiap tahunnya. Dharmasraya kaya akan potensi kebudayaan dan pariwisata, tidak termasuk peninggalan budaya Kerajaan Dharmasraya hingga terkenal ke beberapa negara. 

Namun harus kita akui potensi Budaya dan Pariwisata itu belum membri kontribusi yang nyata untuk kemajuan  dan kesejahteraan Masyarakat Dharmasraya.

Mudah mudahan kedepannya pembangunan di sektor kebudayaan dan pariwisata dapat perhatian yang khusus agar kontribusi dapat terwujud nanti ya, Sebagai mana yang diamanatkan oleh Undang Undang no 10 tahun 2009 tentang kepariwisataan. 

Salah satunya Menjaga warisan adat istiadat Daerah masing masing, mampu menjaga serta mengembangkan warisan budaya dan peninggalan purbakala.

Untuk mengembangkan kebudayaan dan pariwisata,melalui Dinas kebudayaan dan pariwisata pemuda dan olah raga, salah satubya dinas terkait tiap tahun selalu melaksanakan kegiatan pemilihan Uda - Uni sekabupaten Dharmasraya tegas Wabup dalam sambutannya.

Adapun dalam acara Grand Final Uda - Uni hadir dari dinas Provinsi Sumbar yang diwakili Kabid Wisata dan Ekonomi Darliati S.ST.M.Pd Kadis Parsenibudpora Sutan Hendri, sejumlah kepala Organisasi perangkatnya daerah (OPD) pemuka Masyarakat dan pemuda.tegas Sutan Hendri. 

Dalam sambutannya Sutan Hendri, pemilihan Uda Uni yang dilaksanakan sekarang ini dalam rangka memilih Duta Duta Wisata Dharmasraya, memiliki penampilan yang bagus dan  berwawasan luas serta mempunyai kepribadian yang baik dan tangguh sebagai generasi penerus Bangsa.(Red.Su/Wahyudin)

Posting Komentar

 
Top