0
POTRETRI007.COM- Kapolres Pelabuhan Belawan didampingi Kapolsek Medan Labuhan AKP.Edy Safari, SH langsung meninjau lokasi   terjadinya peristiwa ledakan di PT Growth Asia Mabar yang sempat membuat warga heboh, Jum'at malam (09/08/2019).

Ledakkan terjadi akibat Tanur tempat peleburan besi baja itu meledak terdengar sampai jarak radius kurang lebih 17 Kilo Meter.

Mendengar kejadian ini dan melihat info di media sosial  (mensos) Kapolres Pelabuhan belawan  AKBP Ikhwan Lubis SH.MH cepat respon dan turun langsung meninjau lokasi kejadian perkara ( TKP ) untuk melihat dan menghimbau kepada pemilik prusahaan milik PT Growth Asia tersebut.

Dalam himbauan Kapolres mengatakan, agar pabrik yang ada harus selalu mengutamakan keselamatan kerja terlebih kepada seluruh karyawan yang bekerja di industri ini.
"Saya memita agar  safety pekerja seperti perlengkapan tubuh dan perlengkapan industri harus di utamakan agar terhindar dari resiko yang tidak kita inginkan, untuk seluruh pekerja juga  diharapkan utamakan ke disiplinan dan berhati-hati dalam menjalankan pekerjaanya",Tegas Kapolres .

Sementara dalam kejadian meledaknya tungku pemasak besi yang terdengar sampai sekitar Medan Utara dan menimbulkan kepanikan masyarakat.

Sejumlah mengaku mendengar ledakan yang cukup keras dan sampai rumah kami bergetar, kami panik dan berhamburan keluar rumah mencari dari mana ledakan ini berasal .

Setelah kami cek ternyata dari salah satu pabrik Growth Asia karena kami lihat para pekerja berhamburan keluar pabrik ternyata salah satu tungku pemasak besi yang ada di industri itu meledak  yang mengakibatkan salah seorang karyawan luka- luka. Karna ingin tau masyarakat tampak antusias datang apakah ada sanak saudaranya yang menjadi korban.Terang Samsir warga sekitar Mabar menuturkan.

Salah seorang perwakilan dari PT Growth Asia yang terpantau media pada saat  di ke jadian mengatakan, tidak ada korban jiwa  namun salah se orang kayawan kami terkena uap panas yang di timbulkan meledaknya tanur pemasak besi yang meledak .

Saat ini sudah kami tanggani dan sudah dibawa kerumah sakit Mitra Medika jln.Yos Sudarso Tanjung Mulia Medan. ini semua murni kecelakaan kerja . Salah se orang karyawan yang menjadi korban adalah Manto Jasner (42) warga asal Belawan tegas perwakilan Humas yang tidak mau di sebut namanya. 

Sampai saat ini Humas PT Growth  Asia belum memberi keterangan apa pun yerkait kejadian tersebut.

Sementara sesuai amatan  dari awak media pasca kejadian dilokasi, terlihat para buruh pekerja tersebut berhamburan keluar pabrik yang berada di Kawasan Industeri Medan (KIM) I, Jalan Jawa Mabar, Kecamatan Medan Deli.

Api sempat dipadamkan dengan cara menggunakan tabung pemadam kebakaran atau yang lebih dikenal dengan fire extinguisher   Racun Api milik perusahaan tersebut.

“Kaget kali kami Bang, mendengar suara ledakannya cukup keras sampai terdengar jauh. Rumah kami pun sampai bergetar," kata warga sekitar saat dilokasi kejadian.

Untuk estimasi kerugian belum dapat dipastikan. Saat ini tempat pemasakan besi (Tanur) di police line oleh pihak Polsek Medan Labuhan. (HS/leo).

Post a comment

 
Top