0
POTRETRI007.COM - Para pengurus Forum Masyarakat Dusun VI Helvetia Kec.Sunggal Kab.Deli Serdang Prov.Sumatera Utara sukses mengadakan Rapat Internal hinggal terpilih sebagai ketua Supratman.Minggu (24/11/2019).

Mengingat beberapa waktu lalu Kepala Desa Helvetia Kec.Sunggal Kab.Deli Serdang, Mempersilahkan kepada Forum Masyarakat Dusun VI Desa Helvetia Kec.Sunggal untuk melanjutkan kembali perjuangannya dalam rangka menyampaikan aspirasi rakyat agar dapat memperoleh kepastian hukum tentang Alas Hak Tempat tinggalnya.

Mengingat sangat pentingnya keberadaan Forum, maka sesuai hasil rapat telah ditetapkan Supratman untuk memimpin kembali Sebagai Ketua didampingi Sekretaris Haryoko dan Bendahara Oloan Pasaribu, dan menunjuk Drs.Tohadi SH.Mhum selaku wakil Ketua.

Adapun secara Legal Forum Masyarakat Dusun VI Desa Helvetia Kecamatan Sunggal untuk  pertama kali telah dibentuk berdasarkan Akte Pendirian dengan Nomor : 06 tanggal 12 Agustus 2011 yang di buat dihadapan Notaris Rudi Tua Panjaitan SH.Mkn.

Dan juga hadir Ketua LBH KAP AMPERA R.Sukrisno Alim SH yang juga Pengurus LKBH Karpin Golkar Jakarta yang secara khusus di undang oleh Forum, Mengingat R.Sukrisno Alim Telah ikut serta memperjuangkan dan Tahu betul sejarah Permasalahan yang dihadapi Warga Masyarakat Dusun VI Pondok Seng Desa Helvetia Kec.Sunggal Kab.Deli Serdang Prov.Sumatera Utara.

 Pada kesempatan itu juga Joharsyah dan Adi Suhardi selaku Penasehat Forum dengan Gamblang mengkisahkan Perjuangan Forum saat menghadapi Para Preman Bayaran diduga suruhan dari Pihak Developer yang mengklaim bahwa Tanah yang diduduki Masyarakat Dusun VI merupakan HGB dari PT.Mestika Mandala Perdana.

 Sesuai data yang ada, Bahwa Tanah Dusun VI Helvetia Sunggal adalah Tanah Bekas Konsesi Helvetia Kepunyaan Sultan Deli. Dan pada Tahun 1997 Sultan Deli telah Melepaskan Hak Adat Tanah Bekas Konsesi Helvetia kepada Masyarakat Dusun VI Desa Helvetia, saat penyerahan Hak Atas Tanah Adat Bekas Konsesi Helvetia oleh Sultan Deli diserahkan Suratnya kepada Harun Pensiunan Karyawan PTP IX mewakili Warga Masyarakat seluas lebih kurang 17,78 Ha.

 Hal ini dibenarkan oleh Udin anak kandung Alm.Harun
. Kepedulian Sultan Deli Azmy Perkasa Alam Alhaj saat itu kepada Masyarakat mengingat Jasa para Pensiunan Karyawan PTP IX tersebut Mengakui keberadaan Tanah Bekas Konsesi Helvetia merupakan Milik Sultan Deli yang tertuang pada Akte Konsesi .Maka dengan kerendahan hati Sultan Deli Menyerahkan dan Melepaskan Tanah Adat tersebut kepada Masyarakat yang telah merawat dan msnduduki Tanah Adat tersebut sejak tahun 1965.

 Hal ini Kepala Desa Helvetia Kec.Sunggal Kab.Deli Serdang telah menerbitkan Surat Keterangan yang ditanda tangani Zainudin Pangaribuan,SH.(red/Kris).

Posting Komentar

 
Top