0
POTRETRI007.COM - Pada Senin (17/02/2020) Tim investigasi Potretri007 yang dipimpin Kartam Sasmita, Maju Simanjuntak, Udin bersama Pimred R.Sukrisno Alim SH yang juga selaku Komandan Jenderal Pasukan Khusus Garuda Indonesia Raya (Passus Ginra) sesuai informasi yang diperoleh dari salah seorang warga Masyarakat U.R tentang adanya Areal Hutan Register yang berubah Fungsi menjadi Perkebunan Sawit yang terletak di Desa Rawa Sari Kec Aek Kuasan Kab.Asahan.

 Menurut informasinya bahwa perubahan lahan Hutan Register tersebut sudah berlangsung cukup lama lebih dari 20 tahun , Perambahan Hutan Register tersebut hingga berubah menjadi Perkebunan Sawit menurutnya dilakukan oleh Salah Seorang Warga Pendatang dari Kota Siantar berinitial E.Sng yang menggunakan dan mengatasnamakan Kelompok Tani yang keabsahan dan Keberadaan Kelompok Tani tersebut masih dipertanyakan atau Nota Bene Tidak Jelas .

 Berkaitan hal tersebut Tim sebelumnya pada Hari Jumat (14/02) telah berkunjung langsung menemui Kepala Desa Rawa Sari Kec.Aek Kuasan Kab.Asahan Kh.Nainggolan dikantornya bersama Sekdes dan Bendahara Desa.

 Dari hasil wawancara dengan Kepala Desa telah didapati informasi yang sangat berharga, antara lain adanya Sebahagian Lahan Desa Rawasari yang telah berubah fungsi Menjadi Perkebunan Sawit yang diusahai oleh Salah Satu PT.U , namun sangat disesalkan Areal tersebut sesuai tapal batas termasuk Areal Desa Rawa Sari Kec.Aek Kuasan namun pemasukan dan pembayaran pajaknya dikelola oleh Desa Sukaramai Kab.Labura.

 Ketika ditanya apakah lahan tersebut berasal dari Hutan Register, Kepala Desa menjelaskan bahwa sesuai keterangan dari Dinas Kehutanan beberapa waktu yang lalu membenarkan Bahwa Sebagian Hutan Register Areal Desa Rawa Sari telah berubah fungsi menjadi Perkebunan Kelapa Sawit.

Dan membenarkan adanya beberapa kelompok tani warga Desa Rawasari termasuk yang dikelola E.S.

 Untuk menelusuri permasalahan tersebut, Tim akan menindaklanjuti dan melakukan investigasi lebih jauh kepada Bupati Labura dan Bupati Asahan dan akan melaporkan permasalahan tersebut kepada Gubernur Sumatera Utara karena dari hasil sementara temuan dilapangan , Perkebunan Sawit yang dikelola PT.U TERLIHAT tidak terawat dan sebahagian Lahan yang dikelola oleh kelompok tanipun terlihat tidak dikelola dengan baik.

 Kita akan bekerjasama dengan instansi terkait dan akan melaporkan hasil temuannya kepada pihak yang berwajib dan berwenang tegas Danjen Passus Ginra yang secara khusus turun ke lokasi didampingi Tim.(tim).

Posting Komentar

 
Top