0
POTRETRI007.COM- Sejak kasus positif corona masuk di Indonesia dikonfirmasi oleh Presiden Joko Widodo pada awal Maret ini, Pemkab Labuhanbatu melalui Dinas Pendidikan liburkan sekolah terhitung mulai 18 Maret hingga 3 April mendatang dan perubahan masa belajar di rumah para siswa - siswi yang sebelumnya adalah mulai tanggal 18 s/d 20 Maret 2020, dilakukan perubahan menjadi 18 Maret s/d 3 April 2020, mengingat diberlakukannya darurat Covid-19, Jumat (20/3) kemarin.

LSM CIFOR mengapresiasi kebijakan Ibu Daniar, S.Pd selaku Kepala Sekolah (Kepsek) SMPN 4 Satap Bilah Barat bertempat lokasi di Desa Sibargot Kecamatan Bilah Barat Kabupaten Labuhanbatu Provinsi Sumatera Utara disaat Keputusan Pemkab Labuhanbatu melalui Dinas Pendidikan liburkan sekolah terhitung mulai 18 Maret hingga 3 April 2020 mendatang melakukan semprot disinfektan diselurug ruang kelas siswa, ruang guru, ruang kerjanya sendiri hingga halaman sekolah.

“Saya memberikan mengapresiasi dan dukungan setinggi - tingginya meski mengunakan belum ada bantuan dari pihak lain tapi mampu mengunakan biaya sekolah yang minim dan di tambah biaya pribadi untuk melakukan sterilsasi dan pembersihan seluruh lokasi dengan penyemprotan disinfektan di ruangan siswa maupun ruang guru serta halaman di Sekolah SMPN 4 Satap Bilah Barat di Desa Sibargot Kecamatan Bilah Barat,” ungkap Ketum DPP LSM CIFOR melalui Sekjennya, Ismail Alex, Mi P, Minggu (29/3) di Medan.
Sementara untuk mencegah tertularnya virus carona, Ismail Alex juga memberikan beberapa saran Kepsek SMPN 4 Satap Bilah Barat, Ibu Dahniar, S.Pd, yakni mengingatkan murid maupun guru pendidik agar siring mencuci tangan dengan sabun atau cairan pembersih tangan. Kemudian hindari kerumunan orang, tetap hati – hati dan waspada karena infeksi dapat melalui kelenjar pada mata, hidung dan mulut.
“Kemudian tips selanjutnya jaga kesehatan bernafas, gunakan masker ketika bersin atau batuk. Mari sama – sama dukung pemerintah dalam penanggulangan dan penyebaran virus carona,” tambah Ismail Alex
Disisi lain, Upaya Kepala Sekolah (Kepsek) SMPN 4 Satap Bilah Barat, Ibu Daniar, S.Pd guna memutuskan sebaran virus corona SARS-Cov_2, yang menyebabkan penyakit COVID-19, dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari menekan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), seperti mencuci tangan dengan sabun, hingga penyemprotan disinfektan di SMPN 4 Satap Bilah Barat, Minggu (29/3) Rantau Prapat bertempat lokasi di Desa Sibargot Kecamatan Bilah Barat Kabupaten Labuhanbatu Provinsi Sumatera Utara.
Sebagai langkah pencegahan penyebaran virus corona (COVID-19), Sekolah Kabupaten Labuhanbatu Dinas Pendidikan SMPN 4 Satap Bilah Barat di Desa Sibargot Kecamatan Bilah Barat Kabupaten Labuhanbatu Provinsi Sumatera Utara melakukan penyemprotan cairan disinfektan ke seluruh ruangan hingga halaman, pada hari Minggu (29/3).“Cairan disinfektan ini disemprotkan bisa mengatasi senyawa yang mampu membunuh bakteri dan virus lainnya termasuk virus corona,” ujar Ibu Dahniar, S.Pd. 
Penyemprotan ini dilakukan secara menyeluruh atas instruksi Bupati Labuhanbatu melalui Dinas Pendidikan Kabupaten Labuhanbatu. “Penyempotan ini dilakukan adalah ruangan kelas seluruh siswa, ruangan kegiatan siswa, ruang kantor administrasi sekolah, ruang guru pendidik, ruangan Kepsek dan area sekolah,”Kata Ibu Dahniar, S.Pd 
Kegiatan ini dipimpin secara langsung oleh Kepsek SMPN 4 Satap Bilah Barat Ibu Dahniar, S.Pd dan  dilaksanakan oleh Penjaga Sekolah di SMPN 4 Satap Bilah Barat di Desa Sibargot Kecamatan Bilah Barat Kabupaten Labuhanbatu. Kegiatan berlangsung lancar sejak pukul 09.00 Wib sampai selesai.
"Kepsek SMPN 4 Satap Bilah Barat berkomitmen untuk terus mendukung pemerintah dalam pencegahan dan penyebaran virus corona, terutama di lingkup area Sekolah Dinas Pendidikan SMPN 4 Satap Bilah Barat di Desa Sibargot Kecamatan Bilah Barat Kabupaten Labuhanbatu. Semoga langkah ini bisa diikuti oleh Kepsek Sekolah lainnya di Indonesia,” tutur Ibu Daniar, S.Pd.
Selain itu, Dahniar, S.Pd juga berharap kepada seluruh siswa dan Wali Murid maupun guru – guru pendidik di Sekolah Dinas Pendidikan SMPN 4 Satap Bilah Barat di Desa Sibargot Kecamatan Bilah Barat Kabupaten Labuhanbatu dengan menyikapi Keputusan Bupati Labuhanbatu melalui Dinas Pendidikan Labuhanbatu meliburkan sekolah terhitung mulai 18 Maret hingga 3 April 2020 mendatang bertujuan agar seluruh siswa di Sekolah Dinas Pendidikan SMPN 4 Satap Bilah Barat di Desa Sibargot Kecamatan Bilah Barat Kabupaten Labuhanbatu tetap melaksanakan belajar di rumah dan jangan malah keluyuran, karena libur yang diterapkan ini supaya seluruh siswa tidak keluar rumah, melainkan istirahat dirumah, dan begitu juga guru pendidik senantiasa ingatkan siswa didiknya dan menjalankan petunjuk - petunjuk pencegahan yang sudah di terapkan oleh pemerintah setempat dan pemerintah pusat.
"Kita seluruh waga Indonesia sangat berharap agar wabah corona ini bisa segera berakhir cepat, sehingga kita dapat kembali bekerja secara optimal begitu juga hal yang sama seluruh siswa dapat belajar seperti sedia kala," pungkas Dahniar, S.Pd. (leo)

Posting Komentar

 
Top