0

Medan - Dalam edisi ke 54 Komunitas Sedekah Jumat (KSJ) binaan AKBP.Ikhwan Lubis SH.MH Sukses melaksanakan kegiatan Touring Peduli Warga Terdampak Erupsi Sinabung di Tebing Tinggi selanjutnya melaksanakan pengukuhan kepengurusan KSJ di Kabupaten Karo. Sabtu (22/08/2020).


Kegiatan pelepasan touring peduli warga terdampak erupsi ini dihadiri, Wali Kota Tebing Tinggi H Umar Zunaidi Hasibuan, Ketua DPRD Basyaruddin Nasution, Dewan Pembina KSJ Pusat AKBP H Ikhwan Lubis, Kapolres Tebing Tinggi AKBP James P Hutagaol, para OPD, pengurus KSJ dan Kadis Kominfo Dedi P Siagian.


Dewan Pembina KSJ Pusat AKBP H Ikhwan Lubis dalam sambutannya menjelaskan, KSJ ini sudah berdiri selama 1 tahun dan sudah berkembang di 13 kabupaten/kota dan 42 kecamatan se Sumatera Utara.


"Keberadaan KSJ ini memang dirasakan masyarakat kaum dhuafa dan anak yatim setiap Jumat nya banyak terbantu dan sekarang ditingkatkan di tiap hari Minggu nya di gereja-gereja, bagi saudara kita nasrani kami siapkan juga hal yang sama.


Sementara itu Wali Kota Umar Zunaidi Hasibuan dalam sambutannya menegaskan, sudah menjadi kewajiban bagi kita untuk mendukung program KSJ ini. 


Karena gerakan ini pasti, tidak lagi menunggu ada bantuan sosial tunai atau paket sembako, tetapi ini swadaya dari masyarakat untuk kalangan masyarakat yang tidak mampu dan kelak akan dihitung oleh Allah SWT.


"Di Tebing Tinggi jumlah anak yatim ada 1.500 orang, kami mohon juga dari seluruh anak yatim ini kepada KSJ Tebing Tinggi agar mendapat BPJS Kesehatan," katanya.

 

Tidak ada anak yatim yang tidak dapat BPJS Kesehatan, itu merupakan komitmen dan janji kami. Demikian juga dengan dhuafa dan fakir miskin, mereka mendapat BPJS Kesehatan.


Jika misalnya diantaranya ada yang terlewat dan masuk rumah sakit merupakan tanggungjawab Pemerintah Kota awalnya dan BPJS nya kemudian kita urus kembali. Itu adalah komitmen, tegas Umar Zunaidi.


Tentang pendidikan kami juga mengutamakan memberikan beasiswa kepada anak-anak dari keluarga yatim piatu, dhuafa dan fakir miskin. 


Karena menurut saya mereka ini adalah tanggungjawab kita, tanggungjawab dalam hal kebutuhan naturalnya, kesehatannya dan pendidikannya.


Hal ini tentunya Pemerintah Kota Tebing Tinggi menyatakan tidak hanya kepada ummat islam saja, umat nasrani juga sama dan kita berlakukan sama,tegas Wali kota


Sebelumnya Ketua DPRD Tebing Tinggi Basyaruddin Nasution mengatakan, KSJ ini merupakan orang-orang yang luar biasa, orang-orang yang bersedekah, orang yang menjembatani orang bersedekah merupakan orang pilihan. Kita sangat senang dan bahagia berada ditengah orang-orang seperti ini.


"Sedekah merupakan kegiatan keagamaan dan spirit pribadi. Tetapi bagi saya ini adalah cara kita untuk menumbuh kembangkan kesolehan sosial diantara sesama manusia," ujar Basyaruddin mengakhiri.(Gus/Mdn).

Post a comment

 
Top