0


POTRET RI, ASAHAN
– Panitia Pengawas (Panwas) Kecamatan Pulau Rakyat menggelar bimbingan teknis (Bimtek) Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Asahan, 9 Desember 2020, di pusatkan di Aula Balai Desa Mekar Sari, Kecamatan Pulau Rakyat, Kabupeten Asahan, Kamis 3/11/2020

Kegiatan diikuti sebanyak 92 orang yang sebelumnya dinyatakan lolos seleksi hasil rekruitmen PTPS, dari 12 desa se-Kecamatan Pulau Rakyat.

Ketua Panwascam Pulau Rakyat, Asnul Samosir mengatakan, bahwa Bimtek bertujuan memberikan materi pemahaman mendasar terhadap PTPS seputar tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) nantinya di TPS.

“ Tugas PTPS melakukan pengawasan dari pembagian surat suara, pemungutan suara hingga pelaksanaan penghitungan suara dan hasil penghitungan suara dari TPS ke PPS,” ujarnya.

Untuk itu, kata Asnul, pelaksanaan Bintek yang hanya dilaksanakan satu hari ini, harus benar-benar dapat dipahami dan dimengerti, sehingga nantinya Pengawas TPS tidak canggung atau kaku dalam melakukan tugas pengawasan, terutama bila ditemukan salah satu dugaan pelanggaran yang menimbulkan keberatan terhadap petugas yang berwenang

“ Ketika terjadi keberatan atas pelanggaran tersebut pugas Pengawasan TPS, harus menuangkan hasil temuan itu untuk diteruskan laporkannya ke Pengawascamk ” ujar Asnul.

Selanjutnya, Komisioner Panwascam Pulau Rakyat lainnya, Suhedi, Anton Siagian secara bergantian juga memberikan pemaparan-pemaparan materi teknis pengawasan kepada PTPS dan kemudian di lanjutkan dengan simulasi pengawasan pemungutan suara di TPS.( JHON SIMANJUNTAK. /MHS.)

Posting Komentar

 
Top