0
"Pembekalan Wartawan anggota PWI Sumut, dari Kiri H.Musa Rajekshah, Khairul Muslim, Ilham Bintang, 2/8/2018, Di Hotel Garuda Plaza Jalan Sisingamangaraja Medan"
 
Medan | Potret RI - Sebanyak 72 wartawan Sumut dari media cetak, online, radio, televisi akan menerima Kartu Anggota PWI (Persatuan Wartawan Indonesia) di serahkan di Hotel Garuda Plaza Medan, Kamis pagi (2/8) hari ini. 

Sebelum menerima kartu, mereka juga mendapat pembekalan tugas kewartawanan dalam rangka peningkatan kualitas dan profesionitas wartawan dari Ketua Dewan Kehormatan PWI Pusat Ilham Bintang, Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut terpilih H.Edy Rahmayadi, H.Musa Rajekshah. Pj. Gubernur Sumut Eko Subowo dijadwalkan nenghadiri dan membuka  pembekalan wartawan tersebut. 

Ketua PWI Sumut H.Hermansjah didampingi Sekretaris Edward Thahir, Wkl.Ketua Bid.Organisasi Khairul Muslim mengatakan, 72 wartawan penerima kartu PWI merupakan hasil seleksi penerimaan calon anggota Muda  dan kenaikan status Anggota Muda-Biasa yang dilakukan‎ beberapa bulan lalu.

"Sebagai organisasi wartawan yang terbanyak memiliki anggota mencapai kurang lebih 800 orang di Sumut, PWI tetap mengacu pada PD, PRT PWI dan selektif dalam rekruitmen calon anggota.Selain punya kualitas,kapasitas  juga soal integritas‎ atau moral menjadi nomor satu", ungkap Hermansjah

"Persyaratan menjadi Anggota PWI semakin selektif karena wajib lulus Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang memiliki tingkatan yakni, Muda (Wartawan) , Madya (Redaktur), Utama (Redaktur Pelaksana, Pemimpin Redaksi). Artinya, wartawan yang belum lulus UKW  atau punya sertifikat kompeten, maka tidak diterima menjadi Calon Anggota PWI. Itupun wartawan mesti mengikuti ujian penerimaan calon anggota baru/muda susuai  amanat PD , PRT PWI",ujar Khairul.

Pembukaan dan Penyerahan Kartu Anggota PWI yang telah lulus seleksi dibuka Asisten II Sekda.Pemprov.SU Ibnu Sri Utomo mewakili Gubernur membuka dan memberikan pembekalan kepada Wartawan Anggota PWI," wartawan dapat menjadikan menenangkan masyarakat dalam pemberitaan yang positif, dan berperan aktif memberikan masukan dari narasumber, dan pembekalan ini bisa menjadi amal ibadah kita", terang Ibnu Sri Utomo.

Pada Kesempatan lain Wakil Gubernur Terpilih H. Musa Rajekshah mewakili Gubernur Terpilih  Edy Rahmayadi yang saat ini lagi berada di Surabaya, berharap para wartawan yang tergabung dalam anggota PWI Prov.Sumut dapat memberikan masukan dan dapat membantu proses tumbuh kembangnya Sumatera Utara manjadi lebih bermartabat , "berharap wartawan dapat dan bisa membantu dalam memberikan informasi kepada masyarakat untuk pembangunan Sumatera Utara," terang H. Musa Rajekshah.

Wakil Gubernur Sumut terpilih, Musa Rajekshah menyambut baik acara pembekalan wartawan yang digelar PWI Sumut. Dia berharap acara ini bisa menjadikan wartawan untuk bekerja profesional. Musa menceritakan bagaimana media-media saat ini ada yang membuat berita yang tidak bisa mempertanggungjawabkan isi beritanya.

“Saat ini kita sering dibuat sedikit bingung ketika membaca berita, mohon maaf isi beritanya tidak bisa dipertanggungjawabkan isi beritanya,” terangnya kembali.

Ketua Dewan Kehormatan PWI Pusat, H Ilham Bintang mengingatkan kembali peran dan fungsi wartawan di masyarakat. “Saya berharap teman-teman wartawan  untuk tetap mengedepankan dan menjunjung kode etik wartawan,” ucapnya. (Red.Su)

Posting Komentar

 
Top