0
"memaksimalkan pelaksanaan program keluarga berencana, dengan melibatkan stakeholder holder dan mengikutsertakan seluruh lapisan masyarakat"

Dharmasraya | Potret RI - Bupati Dharmasraya Sutan Riska menghadiri Pencanangan Kampung KB, dan melantik kelompok kerja (POKJA), dalam kesempatan ini  hadir kepala kepala BKKBN Provinsi Sumatra Barat, H.Sahrudi,  Senin 16/10/2018.

"Saat ini Indonesia sedang mengalami fase bonus Demografi, ini merupakan bentuk keberhasilan Program pengendalian penduduk dimasa lalu , Berdasarkan kalkulasi dari Badan Pusat Statistik, hanya Dharmasraya salah satu Kabupaten di Sumatra Barat yang berpeluang memanfaatkan bonus demografi ini" ujar Bupati.

Kabupaten Dharmasraya menurut data hasil data terakhir sudah didiami penduduk sebanyak dua ratus ribu jiwa, dengan jumlah peserta KB aktif sebanyak 76,83%. Langkah kongkrit dalam menekan pengendalian pertumbuhan penduduk/menekan angka kelahiran, yaitu" dengan memaksimalkan pelaksanaan program keluarga berencana, dengan melibatkan stakeholder holder dan mengikutsertakan seluruh lapisan masyarakat.

Pengendalian laju pertumbuhan-penduduk tidak akan berhasil apabila hanya dilakukan oleh satu  apalagi di Dharmasraya satu bidang yang menanganinya,akan tetapi program iniakan berhasil dengan sukses apabila di dukung secara bersama oleh seluruh opd, tokoh adat, Ninik mamak, PKK, para kader dan tokoh agama.

Bentuk dari kebersamaan stakeholder inilah yang diwujudkan dalam bentuk wadah kampung  KB. Kampung KB merupakan strategi program kependudukan Keluarga Berencana Dan pembangunan Keluarga (KKBPK).  Yang bersinergikan dengan lintas sektor. Program KB perlu digalakkan kembali, agar manfaatnya lebih dirasakan oleh masyarakat. Karena keberadaan program KB sangat terkait dengan upaya pengentasan kemiskinan, dan juga merupakan agenda prioritas dalam pembangunan Nasional tegas Bupati.(Red. Su/Wahyudin)

Posting Komentar

 
Top