0
POTRETRI007.COM - Pasca tumpahnya minyak Cruide Palm Oil (CPO) yang rencananya akan diekspor ke luar negeri milik PT SM ke laut menyebabkan dampak pencemaran di laut.Ketua HNSI Sumut Zulfahri Siagian SE protes dan.menyayangkan kejadian tersebut.

Diperkirakan puluhan ton minyak CPO milik PT SM tersebut akibat kelalaian petugas hingga CPO tumpah ke laut persisnya di dermaga 105 Pelabuhan Ujung Baru Belawan, Sabtu (21/09/2019).

Usai kapal tanker CPO berangkat , minyak CPO tersebut keluar dari pipanya dan membajiri kolam Pelabuhan Belawan  dan dermaga 105.
Akibatnya Laut dan dermaga mengalami pencemaran karena digenangi tumpahan minyak CPO.

Terpisah, Ketua HNSI Sumut Zulfahri Siagian SE menyesalkan kejadian tersebut.

Menurutnya, 
Pencemaran lingkungan harus dihukum akibat dampak dari
tumpahan minyak  CPO di Perairan Belawan yang terjadi sabtu 21 Sept 2019 .

Dinas lingkungan hidup harus segera turun kelokasi untuk melihat sejauh mana efek yang diakibatkan tumpahnya minyak tersebut.

Nelayan hari ini sudah semakin sulit mencari ikan akibat banyak faktor.
Faktor yang paling krusial adalah tercemarnya lingkungan di perairan Belawan yang tentunya sudah belasan jenis ikan yang tidak kita temui lagi di Perairan Belawan.

Pria yang akrab dipanggil bung Fahri ini mengatakan, HNSI Sumut akan minta pertanggung jawaban pihak-pihak terkait akibat terjadinya tumpahan minyak CPO yang mencemari perairan belawan.
Siapa pun yang bertanggung jawab harus menerima konsekuensinya.

Secara hukum HNSI Sumut akan melaporkan hal tersebut kepada Polair Polda Sumut yang merupakan penegak hukum di perairan.Tegasnya mengakhiri.(leo/Hs).

Posting Komentar

 
Top