0
Potret RI007.Com, Belawan – Kolaborasi PDI Perjuangan Sicanang Belawan Bersama Komunitas Eco Enzyme Sosialisasikan Manfaat dan Pembuatan EcoEnzym di Lingkungan 18 Kelurahan Belawan Sicanang.Sabtu siang (04/12/2021).

Kegiatan sosialisasi ini dipandu oleh moderator Siti Rahma yang juga selaku dewan pengarah BMI di Belawan.

Dalam sambutannya, Ketua PAC PDI Perjuangan Belawan Maju Hinsa Lumbanraja, mengucapkan terimakasih atas antusiasnya masyarakat dalam menghadiri kegiatan sosialisasi eco enzym serta bertwrimakasih pada tim komunitas eco enzym yang telah melaksanakan kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat ini.

Hadir dalam acara, pengurus BMI Kecamatan Medan Belawan Rusmiyono (Lilik), tim komunitas Eco Enzym.

Bu Endang mewakili ketua tim Eco Enzym Nusantara mengucapkan terimakasih pada semua pihak yang telah menghadiri kegiatan sosialisasi pemanfaatan eco enzym untuk melestarikan bumi indah lestari kita.

Acara sosialisasi pembuatan dan manfaat eco enzym diperagakan oleh para tim relawan eco enzym nusantara dihadapan masyarakat yang berhadir.

Bu Jeny menerangkan cara pembuatan eco enzym tersebut berasal dari bahan bahan organik sisa dari kulit buah buahan dan sayur serta air dan gula merah cair.

Rumus komposisi bahan pembuatan eco enzym yakni 1-3-10 yakni 1 Kg gula merah cair, 3 Kg kulit buah buahan maupun sayur dan 10 liter air.

Keseluruhan bahan dicampur dalam wadah besar kemudian ditutup rapat selanjutnya disimpan selama 90 hari atau 3 bulan.

Setelah 3 bulan lamanya disimpan, barulah cairan eco enzym dapat dimanfaatkan untuk pupuk cair sedangkan ampas dari eco enzym digunakan sebagai pupuk kompos.

Cairan eco enzym juga dapat sebagai desinfektan mencegah kuman penyakit dapat mengendapkan bahteri dan jamur dalam wadah air.

Bisa sebagai bahan pupuk cair organik, air bersih untuk minum dan desinfektan untuk penyakit gatal-gatal dan kutu air.jelas Jeny.

Diakhir acara sosialisasi turut dibagikan nasi bungkus dan 777 botol eco enzym bagi masyarakat yang tampak antusias mengikuti acara sosialisasi pemanfaatan produk eco enzym tersebut.(Jk/red).

Posting Komentar

 
Top